Sekilas Tentang Kristenisasi dan Komunisme di Kota Solo

pasar gedhe solo

 

Awal November 2015 lalu, forum diskusi lintas gerakan mahasiswa Solo yang diikuti oleh beberapa elemen organisasi mahasiswa Islam seperti, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Kom. Sholahudin al-Ayyubi UNS [KAMMI Shoyyub], Majelis Pecinta Islam Solo [MPI], Gerakan Mahasiswa Pembebasan [GEMA], Himpunan Mahasiswa Islam Kom. Muh.Iqbal UNS [HMI], Syiar Kegiatan Islam SKI FKIP UNS, Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus [BKLDK]   membahas 2 topik yang penting untuk diperbincangkan, yakni menyoal   tentang gerakan kristenisasi dan   komunisme.   Menilik sejarah kota Solo berkutat dengan 2 gerakan itu,   menjadi penting kiranya menyajikan hasil diskusi yang dibahas dalam forum diskusi tersebut.

 

Sebagaimana diketahui, Kota Solo dikenal kuat sebagai kota basis PKI yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Di   Solo   inilah   secara historis, adalah pusat   dan   tempat   bertemunya   berbagai ideologi, kristenisasi dan komunisme juga merupakan 2 misi yang tak bisa lepas dari dinamika di Solo. Hasil kajian forum lintas gerakan   melihat bahwa dalam   konteks historis, kristenisasi dan komunisme   sebenarnya berkolaborasi     di   Solo   dalam   memecah   belah   organisasi   Islam yang besar di Solo, misalnya Sarekat Islam [SI],  demikian  menurut   Adhytiawan, aktivis   Islam  yang   juga   mahasiswa Ilmu Sejarah UNS.

 

“Infiltran komunis yang masuk dalam tubuh Sarekat Islam [SI], telah   memecah   belah organisasi itu, tak luput terbelahnya tubuh SI cabang Solo ternyata   memiliki dampak besar di kota lain, misalnya juga di SI Cabang Semarang yang kemudian tumbuh pesat   menjadi SI merah yang berhaluan komunis, Peristiwa Solo dan Semarang ternyata memiliki dampak besar di kota-kota lain”

 

Lebih lanjut   mahasiswa   Ilmu Sejarah UNS ini juga   mengatakan, “kristenisasi pun juga berperan besar untuk memecah belah organisasi Islam di Solo, misalnya Tokoh Kristenisasi Solo bernama Van Andel, seorang Pastur yang cukup berhasil me-murtad-kan Muslim di Solo terutama daerah Manahan, Timuran, Danukusuman, dan   Banjarsari. Sistem memecah belah kekuatan Islam ini semakin jelas ketika Van Andel mulai membangun Rumah Sakit, Lembaga Pendidikan, Yayasan dsb.” Ia pun menambahkan, “saat itu kondisi mulai memanas ketika organisasi Muhammadiyah juga mendirikan sekolah dan Rumah Sakit, persaingan menjadi cukup tajam di Solo, sampai akhirnya Muhammadiyah cabang Solo mulai tidak disukai pihak Mangkunegaran, dimana dalam internal Mangkunegaran saat itu sendiri ada beberapa pejabat yang beragama Kristen, ini merupakan titik dimana kristenisasi telah masuk dalam tubuh kekuasaan di tubuh Mangkunegaran.”

 

“Dalam konteks historis di Solo, kristenisasi dan   komunisme   jelas memukul   beberapa organisasi Islam, misalnya terjadi perpecahan yang cukup tajam antara kubu Haji Misbach yang mulai terpengaruh komunisme menggawangi laskar Islam Sidiq Amanah Fathonah Tabligh [SATV] vis a vis dengan para redaktur Islam dengan Muhammadiyah dan kubu SI Putih”.

 

Surakarta PKI Leading

Sebagaimana diketahui, di Solo pasca Pemilihan Umum tahun 1955, hampir seluruh pejabat dari tingkat kota hingga pengurus RT dikuasai oleh anggota ataupun simpatisan PKI. Oleh karena itu, tak heran jika kehidupan para Ulama dan keluarganya saat itu selalu mengalami intimidasi yang tidak menyenangkan. pasca pemilu 1955 itu pula kemudian rangkaian konfrontasi terhadap umat Islam terus berlanjut.

 

Mengutip Koran Panji edisi 6 bulan September 2015, menjelang aksi pemberontakan atas perintah pusat, terjadilah propaganda yang dialamatkan untuk organisasi-organisasi Islam. Di kota Solo sendiri bentrokan fisik hampir terus terjadi, misalnya terjadi pengeroyokan dan pembunuhan sekelompok remaja Masjid di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Selain itu ada juga bentrokan yang terjadi di daerah Jayengan, Jagalan, Pajang, Sambeng, dan beberapa tempat lainnya. Peristiwa ini juga dibarengi dengan munculnya tanda silang merah pada setiap rumah masyarakat Muslim yang ideologis. Diketahui, bahwa tanda tersebut merupakan kode, dimana rumah yang bertanda adalah target “pembersihan” musuh PKI.

 

Puncaknya bersamaan dengan terjadinya pemberontakan di Jakarta pada 30 September hingga 1 Oktober dinihari 1965, dengan kekuatan Batalion M Kodam IV Dipenogoro, G30S/PKI juga melakukan gerakannya di Solo. Mereka menculik Komandan Brigade 6 Kolonel Azahari, Kepala Staf Brigade 6 Letnan Kolonel Parwoto, Kepala Staf Kodim 735 Mayor Soeparman, Komandan Polisi Militer Detasemen Surakarta Kapten   Prawoto dan Komandan Batalion M, Mayor Darso, seperti   diberitakan   dalam Koran Panji   Edisi 6 tahun 2015.

 

Selain melakukan penculikan, mereka juga melakukan pendudukan terhadap kantor RRI. Telekomunikasi, dan Bank-Bank Negara. Bahkan pada tanggal 2 Oktober tahun 1965, Walikota Solo, Oetomo Ramelan, melalui RRI mengumumkan dukungannya kepada G30S/PKI.

 

Menurut salah satu saksi sejarah peristiwa pemberontakan PKI, Moedrick Sangidu, mengatakan “menjelang peristiwa tahun 1965 sedikitnya ada 23 orang yang dibunuh secara terbuka di bundaran Gladak, dan   lebih   dari 285 umat Muslim di Boyolali dan Klaten juga dibunuh secara sadis,”. Katanya. Penguasaan pemerintahan oleh PKI di Kota Solo bisa ditumpas setelah adanya gerakan pengambil alihan kekuasaan oleh ABRI.

DN Aidit 2

Sebagaimana diketahui pula, Dipa Nusantara Aidit, Ketua Comite Central [CC] PKI juga berhasil ditangkap di daerah Sambeng, Solo. Melihat perjalanan sejarah panjang komunisme di Solo, tak heran jika kembali   ingin merebut kekuasaan di Indonesia, PKI perlu terlebih dahulu menguasai Solo, yang sejarahnya merupakan kota basis PKI.

 

Sementara menyoal perkembangan   Kristenisasi,   mengutip  Arif   Wibowo, Peneliti Pusat Studi Peradaban Islam [PSPI], dapat dilihat   pula   sebelum   tahun 1965   presentase jumlah   umat Kristen se-Surakarta tak  sampai 20 %, namun pasca G30S/PKI, menurut  Mc. Ricklefs, hingga tahun 1990 presentase jumlah  umat  Kristen se-Surakarta  mencapai angka 25 %.

 

M.C Ricklefs   dalam    buku  Mengislamkan Jawa : Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930 sampai sekarang, hal 250 dengan    mengutip    Avey T Willis, Indonesian Revival : Why two million came to Christ, menunjukkan  antara   tahun 19760 – 1971, jumlah    jemaat  dari   5 denominasi    Protestan yang  menjadi  subyek   kajian Willis tumbuh  secara fenomenal  dari  96.872  menjadi    311.778, sebuah    peningkatan lebih dari 220 %. Pada tahun 1965-1967, tingkat pertumbuhan tahunannya  adalah 27,6 %, sementara pada  tahun    1968-1971, tingkat   pertumbuhannya 13,7 %. Sebagian besar peralihan keyakinan atau konversi di dalam kajiannya  terjadi    secara berkelompok. Individu-individu, biasanya  adalah  pemimpin desa, berbicara diantara mereka, mengenai kemungkinan    menjadi orang Kristen secara bersama-sama. Kadang mereka melakukannya sebagai suatu.

 

Avery T Willis, seorang  missionaris  asal    Amerika  yang  menjadi missionaries di    Indonesia sejak tahun  1964 dan memimpin Seminari Teologi Baptis Indonesia menyebutkan  ada 11  faktor  yang  menyebabkan  perpindahan massal  keagamaan ke agama Kristen/ Katolik ini. 3 [Tiga] diantaranya berkait dengan posisi pengikut PKI yang secara psikologis mengalami ketertindasan akibat agitasi lawan-lawan politiknya, yang berhasil dimanfaatkan oleh para rohaniawan Kristen dan Katolik.

Screen SHot

Pertama, Reaction Factor, reaksi berlebihan dari sebagian pemimpin kelompok Islam terhadap orang-orang Islam statistik yang menjadi anggota dan simpatisan PKI telah mendorong orang-orang itu menoleh ke    tempat lain untuk memperoleh bantuan spiritual dan perlindungan politik.

 

Kedua, Protection Factor, Perlindungan Gereja terhadap orang-orang yang dituduh PKI dan orang yang belum beragama secara sungguh-sungguh, dari  pembunuhan dan kehilangan status sosialnya telah memberi rasa simpati banyak orang untuk memeluk Kristen.

 

Ketiga, Service, perhatian dan pelayanan dari lembaga gereja, termasuk di dalamnya pendidikan, bantuan medis dan  kebutuhan fisik lainnya, telah mendorong orang-orang untuk tertarik dan masuk ke agama Kristen.

 

**Diolah   kembali   oleh Tori   Nuariza [Penggiat Studi Wawasan Islam]

Sumber :

  • Koran Panji Edisi 6 Bulan September tahun 2015

 

  • C Ricklefs,   Mengislamkan Jawa : Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930 sampai Sekarang, Serambi Ilmu Semesta : Jakarta, 2013, hlm. 250

 

  • Catatan penulis dalam Diskusi “Merespon Komunisme Baru”, 9 Oktober 2015, di Mahad Aly Al-Ghazali, Penyaji Arif Wibowo, M.PI

 

  • Notulensi Kajian Forum Diskusi Lintas Gerakan, “Sejarah Masuknya Kristenisasi dan Komunisme di Kota Solo”, 13 November 2015, di Gedung. Insan Cita HMI, Penyaji Adhytiawan Suharto

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: