Eksistensi Islam sebagai Pandangan Hidup Manusia dalam buku Worldview Islam: Asas Peradaban

Worldview Islam : Asas Peradaban

Judul               : Wordview Islam: Asas Peradaban

Penulis             : Hamid Fahmy Zarkasy

Cetakan           : Cetakan Pertama, Maret 2011

Penerbit           : Penerbit INSIST

Tebal               : 64 halaman

Oleh : Muh. Reza Santirta   [Penggiat Studi Wawasan Islam]

Islam dikenal sebagai agama yang memberikan pandangan hidup yang bersumber dari al-Quran dan Hadits. Semuanya bersumber dari wahyu yang disampaikan secara langsung oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Wahyu tersebut kemudian disampaikan oleh perantara-Nya yaitu Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam. Wahyu tersebut kemudian dipelajari dengan bersumber pada al-Quran dan Hadits. Maka, diperlukan peran pendidikan sebagai wadah dan tempat untuk melakukan pengkajian ilmu tersebut secara mendalam dan intensif.

Perkembangan ilmu yang bersumber pada wahyu tersebut, berkelanjutan hingga pada aspek-aspek kehidupan sehari-hari. Hal itu tidak lepas dari peran para pembaharu Islam seperti Imam Syafi’ie, Hassan Al-Basri, Abu Hanifah, Maliq Ibnu Annas, Ja’far al-Shadiq, dan lain-lain. Mereka adalah para Ulama yang mengembangkan disiplin ilmu yang bersumber pada ajaran wahyu. Hal tersebut menyebabkan Islam terus berkembang, bahkan hingga jazirah di luar Arab. Kondisi ini juga tidak lepas dari peran politik yang dikendalikan oleh legitimitas penguasa kepada para ulama.

Kejayaan Islam tersebut tidak lepas dari peran ilmu di mana ilmu tersebut merupakan unsur paling penting dan fundamental dalam kehidupan manusia. Ilmu tersebut mencakup akidah, akhlaq, fikih, dan syariat. Semuanya diatur dalam al-Quran dan Hadits sehingga melahirkan ilmu yang dapat diterima pemikiran dan perbuatan manusia. Hal ini dikarenakan sumber wahyu tersebut datang dari Allah Ta’ala. Sebagaimana diketahui, peran peradaban Islam juga penting untuk pengembangan ilmu yang bersumber dari ajaran Islam. Penyebaran ilmu ini juga dapat diterima semua umat manusia karena ajarannya yang universal. Selain menyangkut akidah dan akhlaq, ilmu ini juga mencakup sains, teknologi, politik, hukum, sosial, kesehatan, dan lain-lain. Maka lahirlah beberapa ilmuan Muslim seperti Harits al-Kaladah (dokter Arab pada abad pertama peradaban Islam dari Taif), Marwan Ibnu Hakam, dan lain-lain.

Semua kajian mengenai masalah keilmuan diulas secara mendalam dan kritis dalam buku karya Hamid Fahmy Zarkasy berjudul Wordview Islam: Asas Peradaban. Buku ini ditulis oleh Zarkasy, sebagai bagian dari usaha untuk mengembalikan pemahaman akan peradaban Islam kepada pembaca. Buku ini disusun dengan jumlah halaman yang tidak banyak dan dibuat dengan ukuran kecil. Hal ini dilakukan agar dapat dijangkau oleh para pembaca dari berbagai kalangan. Buku ini mengungkapkan masalah-masalah substansial dengan penyampaian sederhana tanpa memberikan bobot ilmiah. Hal ini dilakukan agar pembaca tidak terlalu banyak memikirkan konsep yang disampaikan. Buku ini merupakan terbitan INSIST yang sangat konsisten dalam visi membangun peradaban Islam. Salah satunya adalah memberikan pemahaman secara mendalam, kritis, dan sederhana terhadap pandangan hidup Islam kepada pembaca. Hal ini penting perannya untuk membangun paradigma Islam kepada para pembaca, baik kaum elit intelektual maupun masyarakat awam.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: